Kata dalam Pena

  • beautiful diary /
    8 Jul 2015

    Tradisi Lebaran yang Tak Pernah Pudar

    Lebaran merupakan momen berharga bagi saya dan keluarga. Di hari yang suci dan fitrah ini kita dapat berkumpul bersama sama dalam suasana yang penuh kemenangan setelah sebulan penuh lamanya menjalankan ibadah puasa. Lebaran juga waktu yang tepat untuk berkumpul dan berbagi kebahagiaan serta melepaskan rindu setelah sekian lama tidak bertemu. Karena diantara kami yang sudah berkeluarga tinggal di kota yang berbeda dan jauh dari tempat tinggal orang tua. Seolah olah waktu lebaran yang hanya sebentar kita maksimalkan bersama-sama dengan kebersamaan di waktu lebaran. Jarang sekali kami berkumpul bersama seperti ini kalau bukan lebaran ataupun acara besar keluarga seperti pernikahan. Pada malam hari menjelang lebaran biasanya selalu ada malam takbir keliling yang diadakan di alun-alun kota sa
  • beautiful diary /
    6 Jul 2015

    Mudik Gratis, Solusi bagi Pemudik Yang Membutuhkan

    Selama ini setiap kali mudik saya selalu menghabiskan biaya yang cukup besar. Apalagi mudiknya ke luar pulau yang jauh dari jakarta dan harus ditempuh dengan jarak berkilo-kilo meter. Setiap kali mudik saya seringkali menggunakan kendaraan darat maupun udara. Kendaraan darat yang biasa saya gunakan adalah kereta api.  Sedangkan kendaraan udara  dengan menggunakan pesawat. Saat ini saya sering mudik menggunakan kereta api karena kalau menggunakan pesawat di hari lebaran itu cukup mahal ongkosnya dan saya tidak sanggup untuk membayarnya. Selain itu saya tidak ingin menghabiskan uang yang saya punya hanya untuk membeli tiket pesawat yang sangat mahal. Tapi bagi orang lain yang mampu sih tidak masalah ya. Semahal apapun, kalau yang namanya mudik pasti dijabanin deh. Bagi saya kalau
  • beautiful diary /
    1 Jul 2015

    Ingin Sehat? Berpuasalah

    Berpuasa seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi orang yang mempunyai penyakit. Biasanya mereka takut penyakitnya kambuh lagi misalnya orang yang mempunyai sakit maag, tekanan darah tinggi dan diabetes. Sebenarnya ketakutan tak perlu ada. Justru dengan berpuasalah tubuh kita akan sehat. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh lebih terkontrol. Mengapa? Ketika berpuasa, hidup kita akan lebih teratur makan dan minum yaitu hanya ketika sahur dan berbuka puasa. Saat berpuasa pun organ-organ tubuh kita akan beristirahat mulai dari setelah sahur sampai nanti berbuka kembali. Saat berpuasa perut kita kosong tanpa menerima asupan makanan dan minuman sedikitpun. Di waktu itulah tubuh kita membuang racun-racun yang mengendap. Istilah lainnya adalah detoksifikasi tubuh. Pada hari biasa
  • beautiful diary /
    29 Jun 2015

    Memaknai Berbuka Puasa Bersama di Bulan Ramadhan

      Puasa menurut syariat agama berarti menahan diri dengan niat ibadah dari makanan, minuman, hubungan suami istri serta hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Berpuasa adalah kewajiban umat muslim yang dilaksanakan di bulan ramadhan. Dengan berpuasa kita akan mendapatkan banyak keutamaan dimana kita diajak untuk memiliki sifat sabar mengendalikan diri serta meningkatkan sifat taqwa. Itu berarti bahwa dengan berpuasa, manfaat spiritual lebih bisa kita dapatkan. Mengendalikan diri dengan menahan diri dari godaan makanan dan minuman serta perbuatan tercela lainnya. Tak hanya itu saja, berpuasa pun mengajarkan kita untuk hidup teratur, dan disiplin. Dalam artian, ada saat-saat dimana kita harus berbuka puasa dan saat-saat dimana k
  • beautiful diary /
    28 Jun 2015

    Menabung Ala Saya

    Sejak kecil menabung adalah kebiasaan yang saya lakukan atas ajaran orang tua. Saya jadi paham betul menabung itu apa dan tujuannya untuk apa. Saat itu saya sering dibelikan celengan berbentuk binatang, vas maupun boneka, baik yang terbuat dari tanah liat maupun dari plastik. Saya ingat betul, uang yang disimpan adalah uang recehan 25 rupiah sampai 100 rupiah. Tiap kali dapat uang recehan dari sisa uang jajan maupun dari orang tua selalu saya masukkan dalam celengan yang saya punya. Terkadang sih saking pingin celengannya cepat penuh, uang kertas pun saya masukkan ke dalamnya. Lucunya, tiap hari saya selalu memeriksa celengan yang wadahnya agak transparan apakah sudah penuh atau tidak. Kalau sudah penuh, otomatis saya minta dibelikan celengan lagi sama ayah dan ibu. Jadi koleksi celengan
  • beautiful diary /
    26 Jun 2015

    Kegiatan Positif Menyambut Ramadhan

          Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Sebaik-baik muslim adalah yang mau menjalankan ibadah puasa dan melakukan kegiatan positif sehingga mendatangkan pahala dan berkah. Kegiatan positif yang kreatif ini biasanya dilakukan oleh masyarakat di sekitar kita termasuk saya sendiri. Mulai dari lingkungan pendidikan, swasta hingga pemerintahan.   Bulan ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Tak hanya berpuasa menahan lapar, dahaga dan nafsu saja namun juga melakukan aktivitas yang bermanfaat. Meskipun berpuasa menyebabkan badan menjadi lemas dan lunglai, tapi tak menghalangi kita untuk melakukan aktivitas di luar. Ketika kita berpuasa justru tidak boleh hanya diam saja, tidur dan bermalas-malasan. Kita dianjurkan untu
  • beautiful diary /
    25 Jun 2015

    Tips Berburu Kuliner Ketika Berbuka Puasa

      Setiap tahun,  bulan yang saya nantikan dan selalu istimewa adalah bulan Ramadhan. Dimana kita melakukan puasa selama sebulan penuh dan nantinya akan mencapai hari kemenangan yaitu Idul Fitri. Sudah tradisi di hampir seluruh kota di Indonesia banyak penjual takjil bertebaran di sepanjang jalan dengan menyediakan beraneka makanan dan minuman untuk berbuka. Tidak hanya di jalanan saja, bahkan di restauran-restauran kecil maupun besar juga berlomba-lomba menyajikan makanan dan minuman bahkan sampai memberikan promo agar pengunjung tertarik untuk menikmati sajian kulinernya. Di mesjid-mesjid, para donator biasanya menyediakan takjil gratis untuk para jamaah. Jadi tak heran, jika mesjid yang menyediakan takjil gratis selalu diburu oleh orang-orang yang akan berbuka puasa. Kita ket
  • beautiful diary /
    24 Jun 2015

    Rame-Rame Tonton Acara Final Sunsilk Hijab Hunt 2015 Yuks!

      Woow…kali ini #ngaBLOGburit2015 mengajak kita menonton acara final dari 15 finalis Sunsilk Hijab Hunt 2015. Tahu sendiri kan kalau acara Sunsilk Hijab Hunt 2015 yang dimulai sejak  April 2015 ini selalu dinanti-nantikan oleh jutaan wanita muslimah di Indonesia. Yang mendaftarpun banyak sekali, dari berbagai kota di Indonesia. Yah… siapa sih yang gak kepengen ikutan jadi salah satu pemenang Sunsilk Hijab Hunt 2015. Biasanya kalau sudah jadi pemenang ataupun finalis Sunsilk Hijab Hunt  2015 kemungkinan besar untuk jadi artis itu bisa dibilang 100 persen tercapailah. Apalagi sponsornya nih brand shampoo terkenal yaitu Sunsilk. Itu sih menurutku ya…Tapi tidak hanya itu saja, untuk menjadi finalis Sunsilk Hijab Hunt 2015 tuh harus melaluI serangkaian
  • beautiful diary /
    23 Jun 2015

    Apa itu Ramadhan 1436 H?

    #ngaBLOGburit2015 yang diadakan oleh #newblogdetik kali ini adalah tentang bulan Ramadhan. Seperti kita ketahui bulan Ramadhan itu selalu berhubungan dengan bulan puasa dan shalat tarawih khan? Nah..kebetulan Bulan Ramadhan tahun 2015 ini bertepatan di bulan Juni 2015. Bulan yang paling dinanti-nantikan oleh semua umat muslim di dunia. Tepatnya disebut Ramadhan 1436H. Apa sih arti Ramadhan itu? Ramadhan adalah ‘penghulu bulan’ dimana di waktu inilah Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk untuk semua umat Islam di dunia. Di bulan inilah ayat pertama Al-Quran juga diturunkan. Dalam kalender Islam Ramadhan berada pada bulan ke-9 yaitu bulan yang suci,  penuh ampunan dan banyak berkah yang bisa kita dapatkan bagi kita yang menjalaninya. Tahu tidak mengapa bulan ramadhan
  • teknologi /
    18 Jun 2015

    Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge: Masterpiece Smartphone Kelas Atas

      Melakukan dua atau tiga pekerjaan sekaligus bukanlah hal yang gampang bukan? Apalagi bagi saya yang tidak hanya berkarir di kantor tapi juga berbisnis dan memiliki hobi menulis blog alias blogger. Kegiatan tersebut pastinya menyita banyak waktu, tenaga dan pikiran dimana saya harus pintar dalam mengatur semuanya agar dapat berjalan dengan lancar, tepat dan seimbang. Saya pun harus jeli melihat setiap pekerjaan yang akan saya lakukan. Kapan saatnya saya bekerja kantoran, kapan saatnya saya berbisnis dan kapan saatnya saya menulis. Nah kalau ketiga hal tersebut tidak dimanage dengan baik, bisa jadi ketiganya tidak berjalan semua atau hanya salah satu saja yang berjalan. Wah rugi dong ya. Perhitungan sedetail mungkin perlu dilakukan, agar hobi bisnis maupun menulis tidak mengganggu

Author

blogger yang suka seni

Recent Post

Recent Comments