Kata dalam Pena

Mudik Gratis, Solusi bagi Pemudik Yang Membutuhkan

6 Jul 2015 - 17:52 WIB

Selama ini setiap kali mudik saya selalu menghabiskan biaya yang cukup besar. Apalagi mudiknya ke luar pulau yang jauh dari jakarta dan harus ditempuh dengan jarak berkilo-kilo meter. Setiap kali mudik saya seringkali menggunakan kendaraan darat maupun udara. Kendaraan darat yang biasa saya gunakan adalah kereta api.  Sedangkan kendaraan udara  dengan menggunakan pesawat. Saat ini saya sering mudik menggunakan kereta api karena kalau menggunakan pesawat di hari lebaran itu cukup mahal ongkosnya dan saya tidak sanggup untuk membayarnya. Selain itu saya tidak ingin menghabiskan uang yang saya punya hanya untuk membeli tiket pesawat yang sangat mahal. Tapi bagi orang lain yang mampu sih tidak masalah ya. Semahal apapun, kalau yang namanya mudik pasti dijabanin deh. Bagi saya kalau sudah mudik itu kebutuhan  sangat banyak sekali. Maka dari itu, saya harus bisa mengatur keuangan dengan sebaik baiknya. Uang simpanan yang saya punya maupun uang THR yang saya dapat tidak semuanya saya habiskan di saat lebaran, tapi sebagian saya simpan dan sebagian saya gunakan untuk kebutuhan lebaran di kampung halaman. Lebih baik menjadi orang yang hemat daripada yang boros.

Kalau menggunakan kereta api otomatis saya harus membeli tiketnya 3 bulan sebelumnya. Sebab kalau tidak begitu saya bisa saja kehabisan tiket. Hal tersebut  tidak ingin saya alami, karena bagaimanapun mudik adalah waktu yang paling tepat bertemu keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Lagipula tradisi mudik ini hanya terjadi setahun sekali bagi saya. Itupun harus jauh-jauh hari menyimpan uang untuk keperluan mudik mulai dari membeli tiket, belanja baju lebaran untuk diri sendiri maupun orang tua dan saudara di kampung bahkan belanja untuk oleh-oleh. Alhamdulilah sih sampai tahun ini selalu kebagian tiket kereta api.

Dari tahun ke tahun, mudik dengan kereta adalah hal yang biasa bagi saya dan keluarga. Sebenarnya ada keinginan  ikut program mudik gratis yang biasanya diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan atau brand-brand tertentu. Dengan mengikuti mudik gratis saya tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun dan sudah ditanggung oleh pemilik brand atau perusahaan tersebut. Jadi saya tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk kebutuhan membeli tiket lebaran. Ini dapat menghemat pengeluaran saya di waktu lebaran. Sehingga uang yang awalnya untuk membeli tiket bisa saya simpan untuk keperluan lainnya. Tapi yang membuat saya mengurungkan niat dengan cara mudik gratis karena seringkali jadwal pemberangkatannya bentrok dengan waktu cuti saya di kantor. Jadi terpaksa harus cari alternatif lain dengan membeli sendiri tiket mudik sesuai dengan jadwal yang saya tentukan. Meskipun ada keinginan untuk ikutan mudik gratis, tapi menurut saya mudik gratis itu sebaiknya lebih diutamakan untuk  mereka yang membutuhkan secara finansial.

Salah satu tetangga saya di jakarta ini seringkali mengikuti program mudik gratis dari perusahaan di daerah saya. Bahkan dia bisa mengajak suami dan kedua anaknya naik bus secara gratis. Itupun bisa pulang pergi. Bayangkan saja betapa beruntungnya tetangga saya itu. Meskipun  dia disini hanya bekerja sebagai tukang urut dan suaminya hanya sebagai pedagang bakso. Dengan danya program mudik gratis tersebut, tentunya sangat membantu dari segi finansial dan hasratnya untuk mudik ke kampung halaman tanpa harus mengeluarkan biaya tiket yang cukup besar. Wah… menyenangkan pastinya ya. Inilah salah satu berkah ramadhan bagi mereka yang ingin mudik tapi tidak cukup finansialnya. Nah…  mudik gratislah solusinya.

Ada beberapa keuntungan dengan adanya program mudik gratis ini menurut saya, diantaranya yaitu:

1. Meringankan beban para pemudik.

Dengan mengikuti program mudik gratis, kita tidak akan mengeluarkan biaya tiket sepeserpun. Ongkosnya ditanggung oleh perusahaan atau brand yang mengadakan mudik gratis tersebut. Bahkan kita bisa mengajak satu keluarga untuk ikut mudik gratis.  Maka dari itu otomatis program ini dapat membantu mereka yang kekurangan finansial untuk bisa mudik ke kampung halamannya tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Bahkan hal ini dapat menjadi program bantuan bagi keluarga tak mampu yang ingin mudik. Bukan berarti keluarga mampu tidak boleh ikut program ini ya. Sebenarnya semua keluarga dibolehkan saja ikut program mudik gratis. Hanya saja lebih tepatnya program ini diutamakan untuk mereka yang tidak mencukupi kebutuhan finansialnya.

2. Lebih teratur dan terkontrol arus mudiknya.

Program mudik gratis ini biasanya sudah terjadwal oleh pihak penyelenggara. Jadwal pemberangkatannya pun sudah diatur baik jadwal arus mudik maupun jadwal arus balik. Jadi dengan terjadwalnya hari keberangkatan, maka arus mudik dan balik ketika lebaran lebih teratur dan terkintrol serta tidak membludak di satu hari saja. Ini pun bisa menjadi salah satu program yang membantu pemerintah dalam mengatur arus pemudik menjelang dan setelah lebaran. Lalu lintas dan traffik kendaraan lebih terkontrol dan teratur.

Namun menurut saya kelemahan dari adanya program mudik gratis ini yaitu:
 
1. Banyaknya peminat sehingga antrian panjang. Biasanya program mudik gratis ini banyak peminatnya. Karena terselenggara secara gratis bagi siapa saja, otomatis para peminat membludak. Sehingga untuk mendaftarnya pun harus antri dan menunggu giliran agar dapat mengikuti program ini. Nah.. inilah yang menjadi salah satu hal yang kurang menyenangkan. sebab bisa-bisa kita tidak mendapat bagian tiket. oleh karena itu, hal ini tentunya harus diatur sedemikian rupa oleh pihak penyelenggara agar membludaknya peminat dapat teratasi dengan mudah. Mulai dari sistemnya maupun  manajemennya. Untuk peminatnya sebaiknya diseleksi benar-benar agar program mudik gratis ini benar-benar tepat untuk pemudik yang membutuhkan dari segi finansial. Jadi tidak salah sasaran ya.
 
2. Terbatasnya kendaraan yang digunakan untuk mudik gratis. Biasanya perusahaan atau brand yang mengadakan program mudik gratis ini hanya menyediakan kendaraan untuk mudik dengan terbatas. Terbatasnya kendaraan yang disediakan, otomatis tidak dapat menampung semua pemudik yang berminat mengikuti mudik gratis. Nah.. bila kita tidak kebagian, justru harus mencari alternatif kendaraan lain dengan cara membeli tiket sendiri maupun tidak jadi mudik.

Mengikuti program mudik gratis itu sepertinya seru dan mengasyikkan ya. Tapi.. perlu diingat, kalau ingin mudik gratis bersiaplah lebih awal. Mulai dari dokumen yang diperlukan, perusahaan atau brand apa yang akan kita ikuti, bahkan kota-kota mana saja yang menjadi tujuan mudik gratis perusahaan tersebut. Kita harus jeli, cepat dan tepat ya. Kalau tidak, bisa-bisa kita tidak kebagian tiet mudik gratis karena sudah full.

ngaBLOGburit


TAGS   #ngaBLOGburit2015 /


Author

blogger yang suka seni

Recent Post

Recent Comments

Archive