Kata dalam Pena

Lomba Blog Pegi-Pegi : Jelajah Wisata Ecotourism di TN Laut Bunaken

19 Feb 2015 - 13:00 WIB

Selama ini setiap kali pergi berwisata, saya lebih suka pergi ke tempat-tempat yang masih alami dengan keindahan pemandangan alamnya maupun pantainya termasuk juga keindahan pegunungan yang ada. Apalagi keindahan alamnya sangat menarik dan membuat diri serasa tidak ingin beranjak jauh dari tempat wisata tersebut. Wah..kalau sudah menemukan tempat wisata seperti itu serasa menemukan surga di dunia sajaa. Saya yakin tidak hanya saya saja yang suka berwisata. Pastinya hampir semua penduduk di bumi ini termasuk juga penduduk Indonesia semuanya suka berwisata bukan? Menurut saya berwisata itu bisa menghilangkan rasa jenuh dan bosan serta suntuk setelah setiap hari harus melakukan aktivitas yang sama dan membosankan. Otomatis tubuh kita butuh waktu untuk merilekskan dan menenangkan diri dari segala aktivitas yang menumpuk baik itu untuk orang dewasa maupun anak-anak. Nah… maka dari itu, berwisata tidak hanya melulu untuk bersenang-senang saja lo..tapi juga sebagai area untuk mencari suasana baru dan memberikan banyak ilmu serta pengetahuan tentang tempat wisata yang kita kunjungi.

Sudah mengenal tentang wisata ecotourism belum? Mungkin istilah itu kurang mengena ya di telinga kita. Tapi sejatinya wisata ecotourism tersebut sudah banyak ditemukan di Negara kita ini. Bahkan kita sendiri belum mengenal apa itu ecotourism. Konsep wisata ecotourism merupakan konsep pengembangan pariwisata yang memandang objek wisata adalah bagian dari ekosistem dimana terjadi interaksi antara sistem lingkungan, ekonomi & sosial sehingga dalam pengembangannya harus mempertimbangkan tercapainya ekologis, peningkatan kualitas hidup & keberlanjutan ekonomi. Menurut The International Ecotourism Society / TIES (1991), ekowisata adalah perjalanan wisata alam dalam rangka mengkonservasi atau menyelamatkan lingkungan dan memberi penghidupan penduduk lokal. Menurut World Conservation Union (WCU), ekowisata adalah perjalanan wisata ke wilayah-wilayah yang lingkungan alamnya masih asli, dengan menghargai warisan budaya dan alamnya, mendukung upaya-upaya konservasi, tidak menghasilkan dampak negatif dan memberikan keuntungan sosial ekonomi serta menghargai partisipasi penduduk lokal.

Konsep wisata ecotourism atau disebut juga ekowisata ini pun sangat mementingkan konsep pelestarian alam (konservasi) & penduduk lokal. Hal tersebut sangat terkait dan tidak dapat dipisahkan dalam rangka mengembangkan konsep wisata ecotourism. Oleh karena itu, dengan konsep wisata ecotourism ini keutuhan dan & keaslian ekosistem dapat dipertahankan serta dapat meningkatkan kualitas di objek wisata. Konsep ecotourism ini terdiri dari strategi-strategi pariwisata yang ramah lingkungan, yaitu tidak hanya melihat aspek keuntungan (ekonomi) tetapi juga melihat unsur keberlanjutan lingkungan tempat objek wisata, aspek sosial, ekonomi & aspek lainnya yang terkait.

Nah mulai saat ini Pemerintah sedang gencar-gencarnya menggalakkan konsep wisata ecotourism terhadap potensi tempat wisata yang ada di Indonesia. Sebab di Indonesia ini banyak sekali potensi wisata yang layak tapi tidak ada tindakan yang signifikan untuk menciptakan dan memelihara tempat wisata tersebut menjadi wisata ecotourism yang dapat meningkatkan ekonomi dan pendapatan daerah setempat bahkan penduduk lokal.

Logo Bunaken National Park

Logo Bunaken National Park

Peta Pulau Bunaken

Peta Pulau Bunaken

Seperti yang saya ketahui, salah satu tempat wisata yang mengusung konsep ecotourism adalah Taman Laut Nasional Bunaken. Taman Laut Nasional Bunaken ini meliputi area seluas 75.265 hektar dan terdiri dari lima pulau, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage serta beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. Letak Pulau Bunaken ini yaitu di perairan Laut Sulawesi. Sedangkan untuk Taman Laut Nasional Bunaken yang berada di sekitar pulau itu berada di sebelah utara Teluk Manado yang letaknya masih dalam wilayah administrasi pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara. Secara geografis, Kawasan Bunaken ini termasuk ke dalam perairan Segi Tiga Emas yang telah dijadikan habitat oleh lebih dari 3.000 spesies ikan. Perairan Segi Tiga Emas yang dimaksud ialah perairan yang menghubungkan laut Papua, Filipina, dan Indonesia.

Sebagai kawasan ecoutourism, Taman Laut Nasional Bunaken ini ditetapkan oleh Pemerintah sebagai kawasan wisata yang berbasis pada wisata bahari dan pendidikan.

1. Wisata bahari

Wisata bahari merupakan kegiatan wisata yang berkaitan dengan laut, pantai dan danau dimana obyek dan daya tariknya berupa potensi bentang laut (seascape) maupun bentang darat pantai (coastal landscape). Sebagian besar tempat wisata Taman Laut Nasional Bunaken ini berbasis wisata bahari. Yah, seperti kita ketahui bahwa Pulau Bunaken ini dikelilingi oleh lautan dan pantai yang tentunya di dalamnya terdapat potensi wisata bawah laut yang sangat indah dan wajib kita kunjungi ketika kita berada disana. Keindahan taman bawah laut disini tidak kalah dengan keindahan daratannya juga yang memberikan sejuta pesona.

Taman Laut Bunaken memiliki biodiversitas kelautan tertinggi di dunia. Berbagai macam pesona lautnya bisa kita nikmati dengan sesuka hati kita dengan cara melakukan selam scuba (scuba diving) maupun snorkling. Jangan khawatir bagi yang tidak bisa berenang lo. Tinggal memakai alat selam saja, nanti akan dipandu dan didampingi oleh pemandu penyelaman. Namun bagi kita yang suka diving, disarankan agar menyelamnya hanya terbatas di sekitar pantai yang mengelilingi pulau Bunaken itu saja dan tidak boleh menyelam sampai ke tengah laut sebab sangat berbahaya dan takut lepas dari pantauan petugas pantai.

Keindahan biota laut di Bunaken

Keindahan biota laut di Bunaken

Nah dengan snorkling maupun diving, kita bisa menikmati indahnya dasar laut, karena di Laut Bunaken ini terdapat sedikitnya 40 tempat penyelaman yang didalamnya kaya akan ikan-ikan tropis dan terumbu karang dimana ada sekitar 150 spesies dari 58 genus ikan-ikan serta terumbu karang seperti terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Di laut Bunaken ini terdapat 20 titik penyelaman (dive spot) yang mempunyai bervariasi kedalaman sampai 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, diantaranya ada 12 titik selam yang berada di sekitar Pulau Bunaken dan paling sering dikunjungi oleh penyelam serta pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

Diving di Taman Laut Nasional Bunaken

Diving di Taman Laut Nasional Bunaken

Tidak hanya itu, yang menarik lagi di dalamnya terdapat underwater great walls atau hanging walls, dan disebut juga dinding-dinding karang raksasa yang posisinya berdiri vertikal dan melengkung ke atas sejauh 25 - 50 meter. Nah Dinding karang merupakan satu-satunya yang ada di Laut bunaken ini, bahkan dinding karang ini merupakan sumber makanan utama bagi ikan-ikan yang ada di perairan laut Bunaken. Ekosistem hutan bakau, padang lamun juga merupakan salah satu wisata bahari yang ada di taman laut ini. Selain itu terdapat berbagai jenis kepiting, udang, moluska dan burung laut yang bisa kita temukan di dalamnya.

Hanging Walls Bunaken

Hanging Walls Bunaken

Agar wisata ecotourism ini telaksana dengan baik, maka Pemerintah bekerja sama dengan swasta melakukan program konservasi terumbu karang dan mangrove di kawasan Bunaken ini. Tujuannya adalah untuk menjaga ribuan jenis ikan laut dari kepunahan.

2. Sebagai wisata pendidikan

Wisata pendidikan merupakan suatu program yang tujuannya adalah para peserta diajak untuk melakukan kunjungan wisata dan memperoleh pengalaman belajar secara langsung dari tempat yang dikunjungi. Di Taman Laut Nasional Bunaken ini sangat cocok sebagai area wisata pendidikan. Berwisata di taman laut ini baik untuk perkembangan pengetahuan orang dewasa dan anak-anak tentang alam laut.

Tidak hanya kekayaan alam daratnya yang beraneka ragam seperti berbagai jenis palem, sagu, woka dan kelapa. Selain itu juga terdapat berbagai jenis satwa yang langka seperti kera hitam Sulawesi, rusa dan kuskus. Kekayaan alam darat dan laut di Pulau Bunaken serta taman lautnya bisa dijadikan sebagai area untuk belajar pengetahuan dan penelitian mengenai jenis-jenis ekosistem darat dan laut yang berlimpah. Dengan berwisata ke area ini kita sekaligus dapat mengetahu ilmu baru yang didapatkan langsung di lokasi dan langsung dipandu oleh pemandu yang akan menjelaskan langsung tentang segala hal yang ada di tempat wisata tersebut.

Misalnya kita selama ini tidak tahu bagaimana proses pengembangbiakan terumbu karang. Nah..melalui pemandu, kita akan diberikan penjelasan bagaimana terumbu karang itu bisa dikembangbiakkan sebagai sebuah bagian ekosistem laut yang membantu keberlangsungan dan keberlanjutan ekosistem ikan yang ada di lautan. Sebab kita ketahui bahwa jika terumbu karang di lautan langka dan tidak ada, maka kehidupan ikan-ikan dan tumbuhan air lainnya di Laut Bunaken ini akan musnah.

Akses ke Taman Laut Nasional Bunaken

Bagi para wisatawan yang baru pertama kali ke tempat wsata ini, tentunya dari Kota Manado menuju ke pulau Bunaken dapat ditempuh melalui pelabuhan Manado dengan menggunakan perahu motor dari tepian pantai di teluk Kota Manado dan menuju Pulau Bunaken dengan jangka waktu sekitar 30 menit. Biasa sewa perahu motor ini relatif murah lo. Kita bisa mengunjungi tempat wisata ini pada saat musim kunjungan yaitu sekitar bulan Mei hingga Agustus.

Untuk memasuki Kawasan Taman Laut Bunaken para pengunjung biasanya akan dikenakan tiket sekali masuk dan berlaku bagi yang mau menyelam maupun yang tidak. Pengunjung pun akan ditawarkan tiket masuk tahunan yaitu selama satu tahun, bila pengunjung mau maka pengunjung akan diberikan semacam lencana dari plastik sebagai tanda masuk.

Saya sendiri berharap, jika suatu saat saya bisa pergi ke tempat wisata Taman Laut Nasional Bunaken ini. Apalagi kalau perginya dengan cara mendapatkan paket traveling gratis bersama Blogger Ambassador yaitu Alexander Thian atau terkenal dengan nama Amrazing yang disponsori oleh Pegi-pegi. Tentunya akan memberikan kesan mendalam. Yeaysenangnya.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Sebagai tempat wisata yang berbasis ecotourism, tentunya bila banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata Taman Laut Nasional Bunaken ini, akan menambah pendapatan pemerintah dan anggaran daerah melalui para wisatawan yang datang. Penduduk lokal dapat membuat souvenir-souvenir dari kekayaan alam yang ada misal souvenir dari kerang laut yang bisa dijual kepada para pengunjung. Selain itu, wisata kuliner yang ada di tempat wisata ini bisa berupa makanan hasil dari olahan laut segar sebagai daya tarik wisata bahari.

Kesejahteraan Penduduk Lokal

Salah satu plang peta Pulau Bunaken

Salah satu plang peta Pulau Bunaken

Peningkatan ekonomi penduduk lokal juga bisa didapatkan dari penyewaan rumah-rumah penduduk /homestay sebagai area penginapan bagi pengunjung. Kita bisa bersantai-santai dan melepas lelah terdapat juga resort-resort di sekitar lokasi yang bisa kita pilih sesuai selera. Di dalam resort tersebut juga disediakan kolam renang, hot shower, dan restoran. Kita juga bisa mengajak keluarga berlibur bersama di pulau ini sambil menikmati keindahan laut dan pulau yang memberikan kesan eksotisme kekayaan alam Indonesia. Kita pun bisa berjemur di tepi pantai dan menikmati pemadangan sore hari di tepi pantai terutama saat sunset dan sunrise di pagi hari adalah waktu-waktu yang sangat indah untuk dinikmati suasananya. Bagi yang hobi diving dan snorkeling, kita bisa menyewa peralatan selam dan beserta instrukturnya. Intruktur diving yang ada biasanya menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jerman, Belanda, dan Prancis.

Terbukti kan kalau kawasan wisata Taman Laut Nasional Bunaken ini merupakan kawasan wisata ecotourism. Kekayaan alam yang ada di dalamnya merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang harus kita jaga dan lestarikan serta kita nikmati selayaknya menikmati kehidupan surga dunia. Bagi kita yang ingin ke tempat ini, janganlah sekali kali melakukan hal-hal yang dapat merusak lingkungan alam yang ada di kawasan wisata Taman Laut Nasional Bunaken. Misalnya tanpa ijin mengambil terumbu karang yang sudah dikembangbiakkan atau bahkan membawa ikan-ikan lucu dan indah yang ada di dasar laut. Bahkan tanaman-tanaman yang ada di pulau sekitarnya sebaiknya tidak dirusak dengan mematahkan atau bahkan membuang sampah sembarangan terutama ke laut, karena dapat menyebabkan pencemaran terhadap air laut dan merusak ekosistem yang ada.

Kita sebagai warga negara yang baik pun tetap harus bisa mempromosikan keindahan Taman Laut Nasional Bunaken sebagai area wisata ecotourism dengan cara memperkenalkannya melalui mulut ke mulut, menuliskannya di blog, maupun menyebarkannya di media-media sosial. Sehingga banyak wisatawan domestic maupun non domestic yang semakin tertarik mengunjungi tempat wisata ini demi menggalakkan wisata dalam negeri. Jangan pernah gengsi untuk memperkenalkan wisata Indonesia kepada dunia. Kita pun sebagai warga negara yang baik, janganlah keseringan pergi wisata ke luar negeri. toh kita ketahui, bahwa wilayah Negara Indonesia yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke ini ternyata memilki destinasi wisata yang banyak dan sangat Indah untuk dikunjungi. hanya saja beberapa dari tempat wisata itu belum terekspos oleh dunia. Di daerah dekat kita tinggal kita saja banyak yang bisa kita temui. Mari jelajahi Indonesia selagi kita bisa.

Tentunya bila wisata Indonesia sudah bisa menarik pengunjung untuk datang ke area itu, tidak hanya penduduk lokal yang bisa merasakan manfaatnya, tapi seluruh warga Negara Indonesia pun dapat merasakannya. Diharapkan nantinya Pemerintah dan penduduk lokal serta pihak swasta setidaknya melakukan kerjasama dalam rangka meningkatkan pariwisata ecotourism di negara kita. Tidak hanya dari satu sisi saja, tapi dari berbagai sisi yang nantinya pariwisata kita ini akan berkelanjutan dan memberikan dampak positif dalam segala arah.

Sebagai pengunjung wisata pun diharapkan agar tetap mematuhi aturan-aturan yang ada di tempat wisata, dengan tetap menjaga etika dan kesopanan. Tidak membuang sampah sembarangan, merusak habitat yang ada serta melakukan hal-hal negatif lainnya. bersikaplah ramah dengan alam dan lingkungan yang ada, karena dengan demikian kita sendiri telah bersikap ramah kepada diri kita sendiri. Mari galakkan pariwisata ecotourism Indonesia.

Struktur Pegi-pegi.com

Struktur Pegi-pegi.com

Nah, bagi yang tertarik ke tempat wisata ini, yuks langsung kunjungi website dan blog Pegi-pegi.com dan disana kita bisa langsung memesan tiket pesawat yang akan menuju ke lokasi Taman Laut Nasional Bunaken. Selain itu kita juga bisa langsung memesan hotel langsung di websitenya, tanpa harus susah payah mencari langsung di area lokasi. Harganya cukup terjangkau dan kita bisa pilih sesuai dengan selera kita.

PegiPegi.com merupakan Biro Agen Perjalanan berbasis Online terkemuka di Indonesia yang menawarkan ribuan pilihan Hotel dan perjalanan dari berbagai Maskapai Penerbangan untuk tujuan Domestik dan Internasional. PegiPegi.com didirikan oleh Alternative Media Group (AMG), Recruit Holdings Co, Ltd & Altavindo. Disediakan juga promo-promo hotel yang cukup menarik serta program khusus yang memberikan penawaran terbaik. Untuk memesan hotel maupun tiket pesawat melalui website pegi-pegi bisa lo menggunakan metode pembayaran yang praktis seperti pembayaran melalui ATM, Transfer Bank, Perbankan Online dan Kartu Kredit. Bisa juga dengan langsung menghubungi Call Center nya, BBM, WhatsApp serta Line. Bagi yang ingin melihat langsung berbagai macam tempat wisata ecotourism di Indonesia bisa juga langsung melihatnya di youtube The Indonesia traveler dengan link berikut https://www.youtube.com/watch?v=XW5Op06q2yA

Referensi dan sumber gambar:

http://indonesiaindonesia.com/f/99583-taman-nasional-bunaken/
http://www.dephut.go.id/uploads/INFORMASI/INTAG/bpkh6/BPKHVI/bunaken.html
http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/basisdata-kawasan-konservasi/details/1/8
http://www.pegipegi.com


TAGS   Taman Nasional Laut Bunaken / lomba blog pegi-pegi / wisata ecotourism / #BukanSekedarTraveling /


Author

blogger yang suka seni

Recent Post

Recent Comments

Archive