Kata dalam Pena

Lebih Smart Berteknologi dengan Smartfren 4G LTE Advanced #goforit

2 Oct 2015 - 23:41 WIB

Teknologi canggih mampu merubah kehidupan manusia dan segala tetek bengeknya. Termasuk salah satunya adalah lifestyle atau gaya hidup pun bisa berubah karena teknologi. Dari yang dulu serba lambat sekarang menjadi serba cepat. Dari yang dulu secara manual sekarang sudah canggih dan berteknologi tinggi. Manusia tak perlu lagi bersusah payah, Tetapi manusia malah semakin dimudahkan segala aktivitasnya. Oleh karena itu manusia harus smart dalam berteknologi serta kehidupannya. Seperti apakah itu?  Oke… akan saya bahas disini ya…

 

Smart dalam komunikasi jarak jauh

 

Teknologi memang mengubah segalanya. Mulai dari jaman dimana kita termasuk saya juga ya, yang belum terpengaruh oleh teknologi dan hanya mengandalkan apa yang ada. Tapi sejak teknologi ada, semuanya dan segalanya berubah dan mau tidak mau saya juga harus mengikuti jaman perubahan tersebut. Kalau tidak mengikuti arus bisa dibilang saya kudet atau gaptek atau apalah istilah anak muda jaman sekarang. Maka dari itu saya harus tetap mengikuti arus dan tetap sesuai dengan norma yang ada. Saya ingat kala itu bahwa ketika teknologi belum merasuk dalam jiwa, cara saya berkomunikasi dengan orang lain hanya melalui telepon rumah. Itupun hanya bagi yang mempunyai telepon rumah. Sedangkan yang tidak punya, jika jaraknya dekat paling tidak mendatangi rumahnya sekaligus bersilaturahmi. Namun bagi yang jaraknya jauh, alat komunikasi yang ada adalah surat. Terkadang surat yang akan saya kirim berlembar-lembar banyaknya dengan tulisan tangan yang saya ukir agar enak dibaca, bahkan kertaspun dicari yang bagus dan ada bau harumnya. Wuihhh jaman dulu itu pokoknya seni menulis surat kreatif banget deh.Tapi sayangnya saat itu waktu tempuh agar surat sampai kepada si penerima kadang terasa jauh bahkan membutuhkan waktu berhari-hari ya. Sensasinya adalah ketika saya menerima surat. Wah…betapa senangnya ya, seolah mendapat durian runtuh.

Seiring berjalannya waktu, perubahan terjadi, telepon genggam dengan teknologi 2G mulai mewabah dan saya khususnya juga ikut merasakan keberadaan teknologi tersebut. Saat itu sih bagi saya mempunyai telepon genggam sudah menjadi hal yang paling mewah. Meskipun hanya bisa telepon dan smsan saja.

Semakin hari otak manusia semakin smart, pintar dan cerdas. Semakin mengalami kecanggihan dengan menciptakan teknologi 3G. Nah mulailah dengan teknologi ini internet bisa diakses melalui handphone atau smartphone. Berbrowsing ria pun sudah menjadi bagian dari penggunaan teknologi 3G ini. Pada saat teknologi ini booming, selain telepon dan sms, sarana komunikasi yang bisa dilakukan adalah melalui sosial media yaitu Friendster. Dengan adanya Friendster, komunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah melalui posting status maupun message. Saya mulai berasyuk masuk dan berlama lama di depan internet menikmati media berharap mendapat komentar dari teman-teman saya. Senangnya minta ampun deh. Komunikasi menjadi  lancar dan menjalin pertemanan dengan lebih akrab sehingga saya bisa mempunyai teman baru yang sebelumnya belum saya kenal. Dengan kata lain menambah teman lah ya di dunia maya. Dengan teknologi 3G pun saya bisa melakukan komunikasi menggunakan  video call  tanpa peduli apakah jarak antara kita jauh atau dekat. Sekat yang dibatasi ruang dan waktu seolah tidak ada.

Nah jaman semakin keren dan canggih aja. Gak terasa sekarang setiap titik kehidupan kita sudah tidak bisa lepas dari teknologi. Manusia semakin smart, teknologi pun semakin smart juga. Salah satunya yaitu dengan adanya smartphone dari Smartfren dengan teknologi 4G. Smartfren 4G ini mampu menjawab semua kebutuhan saya. Kapanpun dan dimanapun saya berada. Maklumlah ya sebagai orang kantoran saya juga seorang blogger yang butuh komunikasi dengan teman kerja serta teman sesama blogger.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagai orang kantoran, saya pun bisa berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan dan bawahan dengan mudah. Melalui Smartfren 4G LTE Advanced, saya bisa mengirim kerjaan dengan lebih mudah dengan menggunakan aplikasi email yang ada di smartphone. Bahkan dalam kapasitas yang besarpun tanpa harus membuka internet di PC lagi. Bila sudah terkirim, saya pun bisa langsung konfirmasi dengan si penerima melakui BBM, WA, LINE atau semua pesan di sosmed. Lucunya nih.. kalau salah satu aplikasi tidak terbaca oleh si penerima yang biasanya hanya tampak centang saja (artinya belum terbaca) saya selalu menekan tombol “Ping” hingga pesan yang saya kirim terbaca oleh si penerima. Saya juga bisa mengirim beberapa pesan kepada si penerima melalui semua aplikasi. Dalam sekali waktu saya bisa berkomunikasi dengan banyak orang melalui aplikasi dan sosmed yang ada. Itu sih saking kebanyakannya aplikasi untuk berkomunikasi ya..hahahahaha. Jadi bingung deh mau komunikasi pake aplikasi yang mana. Saking kemaruknya semuanya dipakai bersamaan. Maka dari itu saya harus smart dalam menggunakannya meskipun teknologi sudah 4G dimana informasi bisa sampai dalam hitungan detik dan terbaca dalam hitungan detik juga.

Mau melakukan video konferensi dengan bos atau klien pun bisa langsung saat itu juga dilakukan dengan smartfren teknologi 4G ini. Saya tak perlu takut, tiba-tiba di tengah jalan, video konferensinya ngadat atau mengalami buffer akibat koneksi yang buruk. Namun dengan 4G semua itu bisa teratasi dan internet cepat ada digenggaman .

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan era 4G ini saya pun bisa berkomunikasi dengan sanak keluarga di tempat jauh sana. Bisa saling berkomunikasi secara langsung melalui video Line. Bahkan setiap detik pun bisa lo..ngobrol-ngobrol atau curhat. Ya asalkan si penerima yang kita ajak ngobrol gak tertidur aja.

Sebagai blogger, saya bisa berkomunikasi dengan cepat tentang acara-acara blogger yang akan dan sedang digelar. Entah melalui media Facebook ataupun Instagram. Bahkan seringnya tuh informasi tersebut ada di medsos-medsos yang disebarkan oleh teman atau brand perusahaan. Dalam hitungan detik saya bisa segera menemukan informasi acara blogger yang saya butuhkan. Bila harus mendaftar saat itu juga saya bisa melakukannya di Smartfren 4G LTE Advanced saya sudah bisa  berinternet  cepat dan langsung deh pencet tombol daftar. Praktis dan smart kan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Smart dalam Menulis catatan harian

 

Menulis catatan harian di jaman dulu sebelum teknologi canggih seperti saat ini yaitu cukup dengan buku harian saja alias diary. Segala apa yang ingin saya tumpahkan semuanya ditulis dalam buku harian. Bila sudah menulis rasanya plong dan lega ya. Seolah beban dalam pundak tuh luruh begitu saja. Ceile.. emang bener sih. Sampai-sampai saya mempunyai banyak buku harian hasil tulisan tangan sendiri. Sampai sekarangpun masih tersimpan rapi lo. Ada yang samakah dengan saya? Saya yakin pasti ada yang punya pengalaman sama. Ngaku aja deh..

Kemudian teknologi semakin canggih lagi, dengan adanya internet di dalam telepon genggam yang pada saat itu sudah masuk teknologi 3G. Meski menulis di blog sebenarnya sudah ada. Tapi masih belum booming dan mencuat seperti sekarang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dulu menulis note atau sekedar catatan bisa dilakukan di media sosial seperti Friendster yang saat itu menjadi sesuatu yang tampak keren. Seiring berjalannya waktu, menulis surat sudah mulai hilang dan langka. Sekarang ini sudah tidak ada lagi dan beralih dengan menulis diary di blog atau sosmed. Mau menulis blog dengan smartphone 4G ya gunakan smartfren 4G LTE Advanced dong. Kegiatan menulis saja jadi lebih smart lagi. Saya tidak perlu khawatir untuk langsung posting di blog kalau mau ngeblog saat itu juga. Mau mencari referensi dan informasi secara cepat melalui internet cepat dijamin gak bakalan putus koneksi. Bahkan saya bisa membuka internet dengan beberapa tab, seperti layaknya membuka internet lewat PC. Tak hanya satu tab saja ya bisa sampai 5 tab lo… so amazing kan? Referensi didapat dengan lebih mudah dan cepat pula. Siapa sih yang gak mau punya teknologi canggih seperti ini? Saya sih mau kalau gratis… kalau gak gratis… saya nabung dulu deh.

Dengan teknologi 4G LTE ini ngeblog jadi lebih mudah kan. Mau ngeblog dengan hasil editing foto? Gampang. Saya bisa menginstal dan menggunakan banyak aplikasi editing foto di smartphone saya.  Sehabis diedit mau langsung diposting? Wah bisa-bisa aja dong. Apalagi bagi seorang deadliners seperti saya (Jangan dicontoh ya. Gak baik)…atau memposting lomba blog yang diberi jangka waktu misal dari jam 10 sampai jam 6 sore. Seperti program Blogdetik pada bulan Ramadhan kemaren. Pas jam 10 tema diterima, secepat kilat saya menulis di blog dan langsung mempostingnya. Ya.. alhamdulilah sih saya dinyatakan sebagai salah satu pemenang waktu itu. Hehehehe. Untuk editing foto, misal aplikasi yang saya pakai adalah aplikasi Picsart, atau aplikasi edit foto dari Line seperti Ailis dan Camer 360. Jadi semakin oke kan. Foto-foto yang kita edit dijamin tersimpan dengan aman, meskipun harus beribu-ribu jumlahnya. Keunggulan teknologi 4G ini, saya tetap bisa melakukan browsing dengan smartphone 4G LTE meskipun saat itu tidak ada jaringan 3G atau 4G. Semakin smart saja nih si smartfren.

 

Smart dengan melakukan Travelling

 

Sebelum jaman teknologi 4G sekarang ini. Saya bertravelling hanya mengandalkan peta dan pengetahuan dari buku ya. Kemudian dengan adanya teknologi 3G. saya bisa browsing tempat-tempat wisata dan hotel-hotel terdekat yang akan dituju. Untuk menuju tempat tujuan travelling saya bisa langsung menggunakan GPS yang akan memudahkan dan memberitahukan jalan dan arah tempat yang saya tuju. Asyik bukan. Kalaupun harus dadakan bertravelling, dengan teknologi smartfren 4G, segalanya menjadi cepat dan terselesaikan. Mau pesan tiket kereta, saya tinggal instal aplikasi KAI dan kalau sudah terinstal gampang dong nyari tiket kereta yang kita mau. Apalagi kalau ada promo-promo tiket nih yang pastinya jam 12 malam harus standbye di depan internet untuk browsing. Dengan smartphone 4G, dalam hitungan detik saya bisa langsung mendapatkan tiket promo hanya dengan harga 70rb saja. Berburu tiket promo jadi lebih Asyik kan? Keren kan? Smartphone 4G emang asyik kok. Lebih smart lagi deh teknologinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tak hanya pesan tiket saja, mau pesan hotel dan pesawat, lebih dimudahkan lagi. Bahkan sekarang aplikasi-aplikasi pemesanan tiket pesawat pun sudah ada seperti aplikasi Airasia yang saya install di smartphone. Ayuk beralih smartphone menjadi 4G. Semakin menjamurnya aplikasi-aplikasi, sebaiknya kita smart dalam memilah aplikasi mana yang benar-benar dibutuhkan saja, meskipun teknologi saat ini sudah beralih ke 4G LTE.

 

Smart dalam Membuat dan Menonton Video tanpa buffer.

 

Sebagai pecinta foto dan video, saya seringkali menonton video di smartphone yang saya punya. Diantara video tersebut biasanya video film, talk show TV dan video-video pendek yang menginspirasi. Dengan teknologi 4G, video yang saya tonton, untuk ON saja sudah sangat cepat, tanpa lelet dan tanpa tersendat di tengah perjalanan. Nonton video lancar-lancar saja dong ya.

Nah…. Ketika mengabadikan peristiwa baik itu peristiwa di rumah, di tempat travelling atau di acara blogger, saya bisa dong menggunakan teknologi 4G ini dalam setiap peristiwa. Hasilnya pasti okelah. Cerah, mudah dan tidak buffer lah ya. Dalam hitungan detik, apa yang kita videokan bisa terekam dengan sempurna bahkan dengan sebuah kecepatan gerakan yang sangat cepat. Setiap detilnya bisa terekam dengan sempurna. Kapasitas penyimpanan video di smartfren 4G pun sangat lebih dari cukup. Mau editing video? Gampang saja, cukup install aplikasi editing video di smartfren 4G, dan saat itu pula saya langsung bisa edit video. Saya pun seketika itu juga bisa langsung mempostingnya di sosmed seprti Facebook dan Youtube termasuk juga Instagram. Yang penting smart aja ya menggunakan aplikasi-apliksai tersebut. So.. masih ragu dengan teknologi 4G ini?

 

Apa Itu Teknologi 4G LTE ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagi saya pribadi. Apalagi di era sekarang. Komunikasi sekarang ini harus serba cepat. Maka dari itu era 4G diproduksi untuk menjawab semua kebutuhan manusia. Siapa sih yang gak mau dengan teknologi yang serba cepat ini. Segala menjadi lebih mudah dan lebih praktis. Produktivitas saya dalam bekerja menjadi lebih meningkat. Kinerja menjadi kuat dan tentunya segala pekerjaan bisa dilakukan dalam sekali waktu dan dalam detik waktu saja. Untuk menunjang itu semua, smartphone yang cocok bagi saya adalah smartphone dari Smartfren 4G LTE Advanced yang sekarang sudah canggih banget.  Smartphone ini adalah keluaran terbaru dari Smarfren lo. Pasti ada yang belum tahu ya. Saya sangat terpukau dengan fitur-fitur dan kelebihan dari Smartfren 4G LTE Advanced ini. Keluaran teknologi 4G LTE dari Smartfren ini merupakan generasi keempat dengan jangkauan terluas, konekasi mobile internet lebih cepat bahkan bisa melebihi 10 kali lebih cepat dari internet biasa dan lebih stabil. Cakupan wilayah yang dijangkau sudah sangat luas dengan (FDD/Frequency Division Duplex) dan kapasitas bandwidth (TDD/Time Division Duplex) yang lebih besar daripada operator lainnya. Kini teknologi Smartfren ini sudah bisa saya nikmati jaringannya di seluruh wilayah Indonesia.

 

 

Cara Menggunakan Smartfren 4G LTE ?

Karena saya pakainya smartphone dari Smartfren Smartfren 4G LTE Advanced, so saya juga harus pakai USIM Smartfren 4G LTE juga dong. Saya pun bisa mengupgrade dengan jaringan 4G Lte ini terhadap smartphone saya yang belum terupgrade. Caranya gampang kok, cukup kirimkan SMS dengan kata kunci “LTE” lalu kirim ke 6046, atau mengunjungi Galeri Smartfren terdekat atau mengakses situs www.smartfren.com. Kalaupun saya sudah cinta dengan nomor ponsel Smartfren yang lama, saya bisa menggunakannya lagi di smartphone 4G saya beserta dengan sisa kredit yang tersedia sebelumnya. Gampang kan?

Smartfren 4G LTE-Advanced ini sudah memanfaatkan teknologi LTE Radio, Time Division Duplex (TDD) di pita frekuensi 2300 MHz dan Frequency Division Duplex (FDD) pada pita 850 MHz dengan kecepatan yang lebih tinggi dan cakupan yang lebih baik. Dengan kapasitas seperti itu otomatis saya bisa melakukan aktivitas yang membutuhkan kapasitas lebih besar seperti penggunaan multimedia streaming, online games, cloud storage dan video conference tanpa harus tersendat-sendat dan mengalami buffer. Hal itu karena teknologi 4G ini dirancang sebagai jaringan data, bukan menjadi satu serta menggunakan protokol TCP / IP yang sama, sehingga mendukung internet cepat.

Nah, untuk penggunaan paket internetnya, pasti tak kalah dengan generasi sebelumnya. Smartfren 4G LTE ini memberikan promo paket berupa “Smatrfren Limites”. Saya tak perlu khawatir internetnya gak stabil. Kalaupun kuota yang saya punyai habis namun masa berlakunya masih ada, saya tetep bisa dong berinternetan sesuka hati namun dengan kecepatan yang disesuaikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedangkan untuk mengatur sendiri besar kecilnya kuota internet, Telepon & SMS, saya dapat menggunakan “Smart Slider” yang diatur langsung dengan menggunakan website my.smartfren.com dan aplikasi MySmartfren di smartphone saya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mau beli paket internet smatfren limites pun caranya gampang banget. Ini dia caranya:

1. Saya bisa langsung beli menggunakan aplikasi my smartfren

 

- Masuklah ke aplikasi MySmartfren terlebih dahulu

- Pilihlah menu package

- Pilihlah paket yang diinginkan. Atau tekan tombol ‘Rekomendasi’ jika ingin membeli paket rekomendasi dari Smartfren

- Aturlah kuota sesuai dengan kebutuhan, setelah selesai klik tombol BUY

- Akan muncul halaman konfirmasi

- Setelah itu akan ada notifikasi pembelian sukses

- Enjoy your Limitless experience

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Saya bisa langsung membeli di website my smartfren

 

- Pilihlah paket yang diinginkan

- Gerakkan tombol slider di atas ke kanan atau ke kiri untuk mengatur porsi telepon, sms atau internet yang kamu inginkan.

- Kliklah tombol beli paket

- Jika mempunyai akun MySmartfren bisa melakukan login dan melanjutkan pembelian paket

- Jika tidak mempunyai akun MySmartfren bisa mengisi bagian kirim token, SMS konfirmasi akan dikirimkan ke nomor yang di masukkan

-  Kode token akan dikirim Via SMS

- Masukkan kode token yang diterima, setelah itu lanjutkan dengan klik beli paket

- Akan muncul konfirmasi pembelian setelah pembelian paket

 

Cukup gampang bukan caranya?

 

Nah…setelah beli paket internet..so langsung saja saya menggunakan aplikasi yang disediakan oleh smartfren. Pertama saya bisa melakukan streaming dan download jutaan lagu mulai dari yang jadul sampai yang terbaru sesuka hati saya. Dalam hitungan detik pula sudah bisa dapat banyak downloadan. Bahkan kualitas lagunya sudah high quality sound powered by Qualcomm® Snapdragon.

 

 

 

 

 

 

 

 

Kedua, sebagai penggemar film dan acara-acara tv secara streaming melalui youtube, saya bisa dong dengan mudah menonton itu semua tanpa harus terjadi buffer. Caranya cukup dengan menekan ‘time machine experience’ saja. Kapanpun dan dimanapun saya bisa menonton streaming film, tv dan vdeo.

 

Ketiga, sebagai penggemar editing foto yang akan diupload baik di facebook atau instagram, saya menggunakan FAST dan Reliable personal cloud storage. Tak perlu khawatir akan file-file tersebut, dijamin tersimpat secara aman deh.

 

Layanan teknologi 4G LTE-Advanced dari smartfren ini memberikan bonus kuota dua kali lipat pada semua paket “Smartplan Limitless” yaitu bila saya melakukan pembelian kuota di atas Rp 50 ribu/bulan, maka saya akan mendapat 10 menit menelepon ke semua operator, 100 SMS ke seluruh nomor domestik, dan 1000 menit menelepon ke sesama Smartfren. Pelnaggan semakin dimanja saja dengan produk smartfren terbaru ini. Nah…untuk Info lebih lengkapnya, klik saja linknya www.smartfren.com

 

Nah…sudah tahu kan produk keluaran terbaru smartfren dengan teknologi 4G ini? Segala aktivitas yang kita kerjakan jadi lebih mudah, cepat dan praktis. Produktivitas kerja meningkat dan terbantu. Komunikasi tak terhalang jarak dan dunia seolah bisa dijangkau dengan mudah. So.. nunggu apalagi? Ciptakan hidupmu menjadi lebih bermakna dengan Smartfren 4G LTE Advanced. Tidak ada lagi kata lelet dan tidak ada lagi kata malas. Segalanya akan lebih mudah bila kita benar-benar dan sungguh-sungguh. Menjadi smart dalam kehidupan dan menjadi smart dalam berteknologi. Come on Guys…


TAGS   4G LTE / 4G / Smartfren / Smartfren 4G / Smartfren 4G LTE Advanced /


Author

blogger yang suka seni

Recent Post

Recent Comments

Archive