Kata dalam Pena

Langit Musik: Aplikasi Musik Keren yang Siap Menemani Setiap Saat

14 Aug 2015 - 23:04 WIB

Saya mengenal musik sejak kecil, yang kala itu musik masih ngetop-ngetopnya ditayangkan di TV. Pada masa itu, lagu anak-anak sangat banyak, bagus-bagus dan liriknya sesuai dengan umurnya. Walaupun di jaman sekarang lagu anak-anak sudah mulai tergerus dan tidak lagi ngehits sepeti dulu. Sebenarnya sangat disayangkan sekali ya, anak jaman sekarang tidak memiliki lagu-lagu yang cocok dengan usia mereka. Tetapi yang terjadi malahan anak-anak seringkali menyanyikan lagu-lagu dewasa yang sebenarnya kurang cocok dengan usia mereka yang masih belum cukup umur.

Menginjak kuliah, saya seringkali mendengar musik melalui tape dan radio yang saya punya untuk pertama kalinya. Berhubung anak kos, setiap kali mengerjakan tugas di kamar, musik menjadi teman setia yang selalu menemani, mulai dari lagu Indonesia sampai lagu barat. Bahkan lagu islami pun saya dengarkan juga. Entah mengapa saya seolah kecanduan musik saat itu. Suasana sepi di kosan ketika teman-teman kos pada sibuk sendiri, dengan adanya musik menunjang keramaian walaupun hanya di dalam kamar kos sendiri. Kalau salah satu channel tidak memutar musik, maka saya pindah ke channel lain yang memutar musik. Atau mencari chanel musik yang saya suka. Dengan adanya radio ini, saya bisa tahu perkembangan musik Indonesia dan barat, bahkan musik-musik terbaru dan terlama yang diputar.

Saya seringkali mendengarkan musik sambil tiduran bahkan sampai tidak sengaja terlelap sendiri sehingga radionya tetap menyala sampai keesokan harinya. Mungkin tidak hanya saya saja yang mempunyai pengalaman serupa ya. Hampir semua teman kosku hiburannya kalau bukan TV, juga radio/tape. Sebab saat itu  belum ada aplikasi yang mumpuni dan cocok untuk menyetel musik di handphone yang kita punya. Apalagi handphone android kala itu belum ngetop dan keren seperti sekarang.

Kecanggihan teknologi yang mulai semakin maju saat ini, sehingga memunculkan banyak aplikasi-aplikasi pemutar musik yang bisa dengan mudah kita unduh di play store. Apalagi saat ini sudah menjamur smartphone android dengan berbagai merk dengan harga yang terjangkau. Termasuk juga IOS atau windows phone. Salah satu aplikasi musik yang saya suka adalah Langit Musik. Dengan aplikasi ini kita bisa mendengarkan musik dari berbagai macam genre, mulai dari musik indonesia, musik barat, musik religi dan lainnya. Apa saja yang ingin kita dengarkan semua ada disini deh. Pokoknya asyik banget.

Langkah pertama menggunakan aplikasi Langit Musik  yaitu dengan menginstalnya di smartphone kalian masing-masing baik itu android ataupun IOS  (Windows Phone) secara gratis. Gak usah bayar. Langit Musik ini memiliki logo yang cerah yaitu merah  dan putih, layaknya bendera Indonesia merah putih. Oh ya, sekarang kan bulan Agustus ya, kebetulan nih pas banget saya nulis lomba ini di bulan Agustus. Tepatnya bulan kemerdekaan kita yang ke-70 tanggal 17 Agustus besok. Saling berhubungan sih ya, apalagi Langit Musik ini merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahan telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel yang bekerja sama dengan  PT. Melon Indonesia.  Karena dikeluarkan oleh Telkomsel, saya pun harus menggunakan kartu SIM Card Telkomsel untuk menginstal aplikasi musik ini. Kebetulan saya ini pencinta SIM Card Telkomsel yang sudah 12 tahun saya gunakan. Habis gimana ya, kalau sudah kadung jatuh cinta tuh susah untuk menelantarkan dan membuangnya. Apalagi sudah bertahun-tahun dipakai ya.. idih…kayak orang pacaran aja sih.

Logo Aplikasi Langit Musik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk sambungan internetnya bisa memakai data seluler dari paket internet provider Telkomsel maupun menggunakan wifi yang ada.  Perlu kita ketahui nih, kalau aplikasi ini adalah aplikasi legal lo..dan kualitasnya sudah sangat baik dengan Dolby Audio. Keren kan? Sebagai warga negara yang baik mari kita cintai produk kita khususnya aplikasi yang dibuat oleh perusahaan milik negara kita sendiri. Dengan mencintai produk sendiri, berarti kita sudah memiliki rasa cinta kita kepada negara sendiri. Betul tidak? Aku bangga lo dengan produk Indonesia.

Muncul Login dan daftar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah setelah instal aplikasi akan muncul  menu utama berwarna biru dan hitam  Lihat nih penampakannya. Langkah selanjutnya kamu tinggal registrasi dengan mengklik tombol daftar. Bagi yang sudah mendaftar langsung saja klik tombol login. Kemudian pilih paket registrasi yang sesuai dengan keinginanmu. Disini ada 4 paket registrasi yang bisa kamu pilih sesuai selera, yaitu:

Paket Registrasi Langit Musik

1. Paket Langit Musik Basic

   Paket ini memberikan gratis streaming lagu hanya di 60 detik pertama, tidak secara full dan tidak bisa di download. Namun bisa diakses selama 30 hari ke depan.

2. Paket Langit Musik Free Trial

   Pada paket ini tidak dikenakan biaya, dan Gratis streaming serta download lagu sepuasnya selama 7 hari saja.

3. Paket Langit Musik Premium 7 Hari

    Paket ini akan dikenakan biaya dengan Streaming dan download lagu  sepuasnya sebesar Rp. 3.300,- per 7 hari.

4. Paket Langit Musikpremium 3 hari.

    Paket ini akan dikenakan biaya dengan Streaming dan download lagu  sepuasnya Rp. 11.000,- per 30 hari

 

Saya sendiri sebenarnya masih newbie dengan aplikasi ini. Sebagai seorang newbie maka saya lebih memilih paket registrasi yang free trial dulu deh. Awalnya ingin lebih tahu dulu seluk beluk aplikasi ini. Cari yang gratisan dulu lah. Maklumlah ya, namanya suka gratisan, ditraktir aja minta gratisan. Pake aplikasi yang berbayar pun minta gratisan. Aduh dasar nih gak modal. Tapi.. saya tetap mengikuti aturan kok, tidak ada yang menyimpang. Baru kalau nanti sudah oke dan aku suka. Langsung tancap deh ke paket premium 7 hari.  Kalau ingin full satu bulan tinggal diperpanjang lagi dengan menggunakan paket premium 30 hari. Berhubung layanan ini resmi dari Telkomsel, otomatislah layanannya berbayar dan dikenakan pajak, harga itu sudah termasuk pajak juga lo. Yah.. hitung-hitung menjadi warga yang baik kita harus membayar pajak di setiap melakukan transaksi. Jangan mau gratisan terus. Alhamdulillah sih ya, aku suka banget aplikasi Langit Musik ini. Cocok sekali dengan saya yang suka musik. Memudahkan dan simple deh pokoknya. Gak mau berpindah ke lain hati deh jadinya.  

Pertama kali saya registrasi sih memang agak bingung ya..karena masih belum banyak yang saya tahu dari aplikasi ini. Maklumlah newbie. Layaknya seorang anak kecil yang baru belajar membaca. Harus diulang-ulang  sedikit demi sedikit, baru deh bisa. Sewaktu mau mendengarkan musik, tiba-tiba lagu yang mau saya puter tidak bisa-bisa. Liriknya juga tidak muncul. Hanya keluar lingkaran yang muter-muter terus yang berarti masih loading. Euh sebel deh. Yang tadinya saya pikir memang aplikasinya yang eror atau bagaimana ya. Setelah di cek lagi, ternyata permasalahan terletak pada sinyal HP saya. Walah… Pantas saja saya tidak bisa memutar lagu. Ternyata sinyalnya kedap-kedip toh. Maklum masih menggunakan sinyal wifi yang memang jangkauannya agak susah di daerah kantor saya waktu itu.  Segera saja saya ganti sinyal menggunakan paket data seluler dari Telkomsel. Ternyata lancar jaya dan lagunya bisa diputer semua. Asyik…. saya bisa dengerin musik tiap hari nih kalau begini. Diselingi menghafalkan lirik lagu oke juga nih. Alhamdulilah sih selama ini tidak ada masalah dari aplikasi yang saya gunakan. Hanya satu permasalahan saya yaitu kalau berada di spot-spot yang sinyal wifinya itu lelet dan tidak lancar, bisa mengganggu kenyamanan saya mendengarkan musik di aplikasi Langit Musik. Hiyaaa…pokoknya gak jauh-jauh dari sinyal internet deh.

Oke lanjut ya.. Nah… setelah  mengambil paket Free Trial, lalu muncul nih  discalimer seperti gambar di bawah. Disini kita diminta untuk membalas konfirmasi dengan SMS YA. Baru setelah itu kita akan mendapatkan sms dari 96161 yang berisi password yang akan kita gunakan. Untuk paket free trial ini saya sudah bisa menikmati full download dan streaming, bahkan sampai unlimited Rp.0 selama 7 hari. Asyik kan? Itupun sudah termasuk biaya data. Kita juga dianjurkan untuk menggunakan paket internet telkomsel flash.

Disclaimer

SMS dari Langit Musik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Balasan SMS dari 96161

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah menerima notifikasi seperti diatas, klik saja OK. Kalaupun kamu ingin membatalkan klik saja cancel. Berhubung saya ingin melanjutkan paket ini. Langsung saja saya klik tombol OK untuk mengaktifkan paket. Saya sendiri menggunakan hp Android Samsung. Mungkin saja pesan seperti di bawah ini di tiap android yang lain tidak sama. Jadi kalau tidak sama, abaikan saja yang ini ya. Langsung klik kirim saja untuk menyetujui notifikasi tersebut. Setelah itu kita cek saja notifikasi sms yang dikirim oleh 96161 yang berisi no HP dan password Langit Musik saya. Setelah itu saya tinggal login saja ke aplikasinya menggunakan password yang sudah diberikan oleh 96161 tadi.

Tadaaa…akhirnya registrasi langit musik free trialku berhasil. Waktunya berasyik masuk dengan musik-musik yang ada di aplikasi ini.  Sebelum menuju musik, saya buka dulu tombol menu. Ada beberapa menu yang bisa kita pilih, sebagai berikut:

Menu di Aplikasi Langit Musik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a. Find

Disini kita bisa mencari lagu-lagu apa yang akan kita cari. Tinggal ketik nama penyanyi atau judul lagunya, maka akan muncul lagu yang kita cari.

Menu Find

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Discover

Di menu discover ini, saya bisa menemukan genre dan kategori music sebanyak 800.000 lagu. Wow… agak bingung juga sih ya milihnya. Habis banyak banget deh. Saya jadi paham, mana lagu-lagu yang menjadi highlights, mana lagu yang new release dan masih banyak lagi deh. Kalau pengen tahu, buruan download aplikasinya ya..

Menu Discover

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. My stream

Di My Streaming ini, saya bisa mendengarkan lagu secara langsung melihat videonya. Bahkan diselingi juga dengan lirik lagunya lo.. asyik deh.

Menu My Stream

Salah satu lagu yang saya putar

 

 

 

 

 

 

 

Lirik lagu yang saya putar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d. My music

Nah..di My Music ini , saya bisa membuat playlist baru sesuka hati. Maksudnya saya sendiri bisa menamakan sesuai dengan keinginan. Lalu memasukkan sendiri lagu-lagu yang disesuaikan dengan nama aplikasi yang baru saya buat tadi alias add to playlist. Disertai dengan deskripsi dan cover playlistnya pun bisa diganti-ganti warnanya lo. Asyik kan? Tambah seru saja nih aplikasi. Tak hanya itu saja, saya bisa mendownload lagu-lagu tersebut bahkan membelinya dalam bentuk MP3 juga bisa. Sebab lagu yang di download di langit musik itu hanya berupa Drm (Digital Right Management). So.. dengan format seperti itu, lagu-lagu yang saya download  tidak bisa dong diubah menjadi Mp3 dan tidak bisa diputar di aplikasi lain musik android saya. Jadi untuk mendapatkan lagunya dalam bentuk MP3, saya pun harus membeli dulu dong. Sebenarnya hal ini intinya untuk menghindari pembajakan sih. Selain itu, saya juga bisa menjadikan lagu yang ada sebagai ringtone smartphone (NSP), tapi tetap lo dengan cara membeli. Sepakat kan?

Menu My Music

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

e. Catalog

Dalam catalog ini tersedia berbagai macam lagu sesuai dengan genrenya. Bahkan sudah dipilah-pilah, misal lagu Indonesia Pop, Jazz, R&B, Rock dan lainnya. Tinggal pilih sesuka hati ya.

Isi Menu Catalog

Isi Menu Catalog

 

 

 

 

 

Isi Menu Catalog

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

f. Promo

Nah..menu ini adalah menu promo dari Langit music yang bisa dengan mudah kita putar.

Menu Promo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

g. Karaoke

Nah..di menu karaoke ini lebih asyik lagi lo. Saya bisa berkaraoke sesuka hati. Tapi untuk berkaraoke dikenakan tariff berbayar untuk setiap lagu yang diputar sebesar Rp.1100,-. Saya sudah daftar nih bahkan menginstal aplikasi Langit Musik Karaoke yang logonya berwarna putih dan biru laut. Saya bisa berkaraoke sendiri bahkan ada nilanya juga. Sayang sekali di langit musik karaoke ini lagu-lagunya masih sedikit dan saya seringkali tidak menemukan lagu-lagu kesukaan  saya. Hampir sebagian besar sih yang ada masih lagi-lagu jadul. Kalau saya  belum tahu instrumen dan lirik lagunya, saya bisa memutar lagunya,, baru setelah itu lanjutin deh saya berkaraoke. Berhubung saat berkaraoke, saya masih bingung dan belum memutar lagunya trialnya terlebih dahulu, Alhasil, nyanyinya gak jelas dan berantakan. Pokoknya gak sesuai deh dengan instrumen musiknya. Akhirnya nilainya dapat 0. Gak asyik banget sih. Gak seru. Tapi saya tetap tidak berputus asa. Coba lagi deh. Saya coba lagi melakukan karaoke di aplikasi ini, yah..meskipun suara gak secemerlang para penyanyi, tapi setidaknya saya sudah keluarin suara-suara falsh saya. Lumayanlah aplikasi langit musik karaoke ini bisa menghilangkan stress dan gundah gulana. Maklumnya manusia ya, mana ada sih yang gak stress sedikit aja. Hidup itu pasti lah banyak mikir. Betul tidak?  Mau  lanjut karaokean lagi, langsung aja daftar lagi dengan dikenakan biaya lagi… hitung-hitung jajan karoke di android, daripada harus ke tempat karaoke yang mahal dan buangin duit. Hehehe. Ini sih trik saya sendiri., cari yang murah meriah euy.

Aplikasi Langit Musik Karaoke

Daftar Aplikasi Langit Musik Karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Karaoke Langit Musik

Langkah-langkah menggunakan Aplikasi Langit Musik Karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkah menggunakan Aplikasi Langit Musik Karaoke

Langkah-langkah menggunakan Aplikasi Langit Musik Karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah-langkah menggunakan Aplikasi Langit Musik Karaokepilihan lagu-lagu untuk karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konfirmasi Tarif berkaraokeProses pembayaran karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lagu siap dimainkanlagu pilihan yang siap dikaraokekanNilai dari hasil karaoke

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu juga saya bisa mensetting aplikasi Langit Musik dengan menekan tombol setting. Yang bisa sayasetting antara lain adalah “Skin/ Tema”. Saya bisa memilih menggunakan skin biru, pink, black  dan red. Saya juga bisa mensetting “Terima Notifikasi Promo”, apakah  mau saya aktifkan atau tidak, itu sih tergantung suka-suka saya saja deh.  Lalu ada settingan tentang “Pengaturan Jumlah Promo Yang Disimpan” apakah sebanyak 5, 15, 25 dan 50 buah.

Menu Setting

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tak hanya itu saja, saya bisa mensetting sendiri profile saya di bagian My Profile. Mau ganti foto profilpun bisa sesuka hati, termasuk juga mengedit email, nick name, jenis kelamin dan tanggal lahir. Cukup mudah bukan? Bahkan di bagian ini saya bisa melihat histori lagu-lagu yang sudah saya download dan lagu-lagu apa yang sedang di download.

Menu My Profile

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tak hanya itu saja, saya bisa mensetting sendiri profile saya di bagian My Profile. Mau ganti foto profilpun bisa sesuka hati, termasuk juga mengedit email, nick name, jenis kelamin dan tanggal lahir. Cukup mudah bukan? Bahkan di bagian ini saya bisa melihat histori lagu-lagu yang sudah saya download dan lagu-lagu apa yang sedang di download.

Nah…cukup itu saja sih pengalaman saya menggunakan aplikasi Langit Musik. Saya jamin, aplikasi ini asyik banget deh. Ayuk…yang belum download, buruan download sekarang yuks…

 

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerja sama Langit Musik dan Warung Blogger

 

Kompetisi Langit Musik


TAGS   #langitmusik / #smartphone / #aplikasimusik /


Author

blogger yang suka seni

Recent Post

Recent Comments

Archive