Kata dalam Pena

Berkendara aman di musim penghujan

28 Dec 2014 - 11:05 WIB

Musim hujan adalah musim dimana khususnya di kota besar terjadi kemacetan dan banjir. Apalagi di kota Jakarta yang sudah sangat padat dan penuh sesak. Bahkan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat sudah memenuhi jalanan terutama di waktu pagi hari saat jam kerja maupun sore hari saat waktu pulang kerja. Tentunya kondisi hujan yang hampir tiap hari terjadi sangat mengganggu bagi sebagian besar pengguna jalan. Selain kesehatan tubuh mereka, juga keselamatan di jalan yang wajib diperhatikan.

kendaraan dan banjir (doc.google)

kendaraan dan banjir (doc.google)

Bagi pengguna jalan seperti pejalan kaki, hal yang dipersiapkan di kala musim hujan selain jas hujan juga payung dan jaket. Sedangkan bagi penggunan kendaraan bermotor, ada banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari kendaraannya, orangnya hingga bagaimana berkendara yang aman di jalanan.

Sebelum berkendaraan, hal-hal yang harus diperhatikan dan disiapkan oleh kita agar aman saat berkendaraan antara lain:

1. Siapkan kendaraan dengan kondisi yang baik. Mulai dari tekanan ban kendaraan yang cukup, lampu kendaraan untuk membantu penglihatan kita ketika jalanan mulai berkabut dan hujan deras, wiper kendaraan, rem kendaraan, dan cruise controlnya. Semua hal tersebut harus kita periksa terlebih dahulu sebelum kita pergi dengan kendaraan kita. Karena seperti kita ketahui bahwa sebagian besar kecelakaan di jalan raya adalah dari kondisi kendaraan yang kurang baik.

2. Gunakan jas hujan dan perlengkapan berkendaraan seperti jaket, sarung tangan apabila menggunakan kendaraan roda dua di musim penghujan. Sebaiknya gunakanlah jas hujan yang berbentuk baju dan celana karena lebih aman daripada yang berbentuk ponco. Penggunaan perlengkapan tersebut tentunya untuk menjaga kondisi tubuh kita agar terhindar dari guyuran air hujan. Kalau setiap hari tubuh kita diguyur oleh air hujan, maka kondisi tubuh makin lama makin tidak fit. Maka dari siapkanlah semua benda-benda tersebut sebelum hujan menerjang.

3. Gunakan helm yang berstandar SNI untuk pengendara sepeda motor dan gunakanlah sabuk pengamun untuk pengendara mobil demi keselamatan kita di jalan. Karena bagian kepala adalah bagian yang rentan celaka apabila terjadi kecelakaan

4. Patuhilah peraturan lalu lintas di jalan. Apapun kondisi kita baik sedang terburu-buru sampai ke tempat tujuan, sebaiknya tetap memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Apalagi di musim hujan yang otomatis sangat mengganggu perjalanan kita. Justru dalam kondisi hujanlah kita dalam berkendaraan harus lebih hati-hati demi keselamatan jiwa. Perhatikanlah kecepatan kendaraan kita apalagi ketika melewati jalanan yang berlubang, licin dan tergenang air hujan. Sedikit saja meleset dari perhatian kita, maka kecelakaanpun pasti akan terjadi. Tidak hanya itu, perhatikanlah jarak aman kendaraan kita dengan kendaraan lain, hal tersebut demi menghindari pengereman mendadak dari kendaraan yang ada di depan kita, sehingga bisa menimbulkan kecelakaan beruntun.

5. Gunakan asuransi kendaraan
Bagi yang mempunyai kendaraan, sebaiknya gunakanlah asuransi untuk kendaraan anda. Saat ini asuransi kendaraan sudah banyak tersedia dimana-mana. Kita pun wajib memilahnya dengan sebaik-baiknya. Yang pastinya bisa memberikan manfaat besar bagi kita. Salah satu asuransi yang cocok kita gunakan adalah asuransi astra. Salah satu terobosan terbaru dari Garda Oto yaitu Garda Center yang mampu memfasilitasi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan mudah dijangkau. Garda center sendiri merupakan layanan dengan klaim mudah bagi pelanggan Garda Oto. Lokasinya biasanya berada di pusat perbelanjaan seperti mall.

Tidak hanya memberikan pelayanan klaim mudah, garda Oto juga Oto mempunyai layanan Survey @ Your Doorstep untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Selain itu juga memberikan garansi hasil kerja bengkel yaitu selama 6 bulan terhasil hasil kerja pengecatan. Garansi yang lain yaitu garansi suku cadang asli. Apabila pelanggan tidak melakukan klaim pada perlindungan sebelumnya maka pelanggan akan mendapatkan potongan pembayaran saat perpanjangan polis tersebut.

Garda Oto juga menyediakan dua macam kondisi perlindungan terhadap kendaraan bermotor (roda 4) , diantaranya yaitu:

a. Comprehensive. Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian (Partial Loss) maupun keseluruhan (Total Loss), yang diakibatkan oleh semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis.

b. Total Loss Only (TLO). Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan keseluruhan, hanya jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.

Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika berkendaraan di musim hujan. Terutama perlindungan asuransi yang sangat bermanfaat sebagai perlindungan kita ketika berkendara. Jangan lupa, berdoalah setiap kalai kita berkendara, mudah-mudahan Allah selalu melindungi perjalanan dan keselamatan kita sampai ke tujuan.
Salam berkendara


TAGS   garda oto / garda center / #semangatngeblog /


Author

blogger yang suka seni

Recent Post

Recent Comments

Archive