Kata dalam Pena

Hipnotismu Menggodaku

28 May 2011 - 00:45 WIB


Tergoda aku karenamu

Tergoda aku olehmu

Tergoda karena hipnotismu

Itulah sepenggal lirik yang aku buat untuk menggambarkan bahwaIndah Dewi Pertiwi membuatku tergoda dengan sebuah video klipnya yang apik ciamik berjudul HIPNOTIS.

Namamu Menggodaku

Betapa tidak menggoda, namanya sangat indah, itulah Indah Dewi Pertiwi. Pasti semua pada tahu siapa itu Indah Dewi Pertiwi. Walaupun ada yang belum tahu, baiklah akan kuberitahu. Akupun sendiri juga baru mengenalnya dari lagu pertamanya yang berjudul Baru Tahu Cinta Itu Apa. Sebuah lagu yang menurutku sangat menarik untuk didengar. Easy going. Dari lagu itulah aku mulai mencari tahu siapakahIndah Dewi Pertiwi. Dia adalah wanita cantik berdarah Bogor yang lahir pada 30 Januari 1991. Gadis yang masih muda, energik, cantik, pintar menari, dan bernyanyi. Untuk lagu-lagu selanjutnya, akupun dibuat tergoda terutama lagu yang berjudul Hipnotis.

Indah Dewi Pertiwi

Indah Dewi Pertiwi

Lirik lagu Hipnotis yang menggoda

Dari judul lagunya saja, membuatku tergoda, hingga tak tahan untuk memutar video klipnya. Benar-benar ciamik. Betapa tidak, sebuah video klip berdurasi 8 menit 16 detik yang diproduksi oleh Anggi Umbara dan katanya biaya pembuatan video klipnya mencapai 1 miliar, membuatku benar-benar tergoda dan terhipnotis untuk segera mereviewnya menjadi sebuah tulisan di blogku ini.

Aku tergoda akan judul lagu Hipnotis ini. Pertamakali membacanya, aku kira jalan cerita dalam lirik lagunya adalah tentang penghipnotisan yang berhubungan dengan sulap-menyulap atau dukun-mendukun. Tapi ternyata setelah mendengarkan liriknya yang cukup sederhana, kemudian aku mulai paham bahwa kisah dari lirik lagu tersebut yaitu tentang seorang wanita yang dihipnotis oleh pacarnya sehingga mau melakukan apa saja untuk pacarnya dan rela diperlakukan bagaimanapun oleh pacarnya. Saking cintanya dan tergodanya wanita ini terhadap pancaran aura ketampanan sang pacar, sehingga dia mau dihipnotis agar pacarnya tidak meninggalkan dia, termasuk juga rela diduakan. Oh.betapa menyedihkan kalau itu terjadi padaku. Tak bisa kubayangkan, betapa tersiksanya aku. Seperti sepenggal lirik lagu berikut ini:

kamusuruhdatang,mau
kamusuruhpergi,mau
kamusuruhdiam,mau
maumaunya

diciumikamu,mau
diduainjuga,mau
dicuekinjuga,mau
maumaunya

Setelah searching-searchingsgoogle, pengertian Hipnotis adalah pengaruh sugesti terhadap pikiran manusia. Hipnotis disebut juga Hypnosis atau Hypnotism dan berasal dari kata Hypnos yang artinya dewa tidur dalam legenda Yunani Kuno. Cocok sekali dengan lirik lagu Hipnotis yangIndah Dewi Pertiwi nyanyikan ini. Jadi teringat dengan Hipnotisnya Si Uya Kuya nih. Tapi jangan sampai aku terhipnotis oleh Si Uya Kuya ya. Bisa kacau jadinya.

Video Klip Hipnotis yang menggoda

Betapa tidak tergoda lagi diriku, pertama kali melihat video klipnya, aku langsung disuguhi oleh sebuah tampilan layar video klip yang seolah-olah aku sedang menonton film di bioskop. Tampilan yang sangat fantastik futuristik dengan penyajian yang luar biasa. Sebuah pengantar video dengan sedikit alunan lagu yang membuatku merinding, seperti alunan lagu dalam film-film petualangan/adventure tentang alam, apalagi disertai dengan tampilan hamparan alam-alam indah di Indonesia dengan alur yang mengalir dari atas langit seolah-olahIndah Dewi Pertiwi terbang dari udara menyusuri lautan, pegunungan, bukit, dan hutan di Indonesia hingga mendarat di sebuah air terjun yang sangat indah pemandangannya.

Amazing and Beautiful.

keindahan lautan

keindahan lautan

keindahan pegunungan

keindahan pegunungan

Keindahan daratan

Keindahan daratan

Penyajian awal yang sangat menggoda dan mengagumkan. Bahkan penyajian-penyajian berikutnya yang tak kalah menggoda. Penggunaan teknik animasi dan efek-efek visual yang canggih hampir menyaingi film-film barat yang keren. Serta penggunaan robot-robot 3 dimensi yang memukai dan luar biasa. Inilah video klip yang ditunggu-tunggu kehadirannya selama ini, yang lain daripada yang lain. Meskipun aku melihatnya, sedikit terinspirasi oleh penyajian pada film-film barat. Yaps, tidak apa-apa, Karena ini adalah sebuah kreasi awal yang baik untuk menciptakan kreasi-kreasi yang lebih baik lagi kedepannya. Salut untuk Indah Dewi Pertiwidan semua pihak yang mendukung pembuatan video klip ini. Chaiya..Chaiya..(kok malah nyanyi India).

Robot sebagai teknologi canggih

Robot sebagai teknologi canggih

tarian robot

tarian robot

Dari video klipnya, aku dapat melihat bahwa IDP menggodaku dengan tampilan-tampilan keindahan alam Indonesia mulai dari Tanjung Aan, Air Terjun Sendang Gile, hingga Java Sea. Akupun tergoda untuk punya keinginan pergi ke tempat-tempat nan indah tersebut. Apalagi selama ini aku belum pernah kesana. Keindahan alam di tempat itu benar-benar menghipnotisku. Tidak hanya aku yang tergoda, mungkin juga semua para penikmat musik. Alur cerita dalam video klip ini dapat dijadikan sebagai ajang promosi tentang keindahan alam Indonesia yang tiada duanya kepada seluruh penikmat musik baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan adanya promosi ini, kita bisa mengenal bahwa Indonesia itu sangat Indah, sama dengan nama penyanyi video klip ini, Indah Dewi Pertiwi.

keindahan Tanjung Aan

keindahan Tanjung Aan

Keindahan sendang gile

Keindahan sendang gile

keindahan Java Sea dan sebuah tanker

keindahan Java Sea dan sebuah tanker

Tidak hanya keindahan alam yang membuatku tergoda dan tersentuh, aku pun juga merasa tergoda dan tersentuh melihat kemunculan pertempuran Ambarawa di Semarang tahun 1945, sehingga mengingatkan aku akan peristiwa beberapa tahun silam di jaman perjuangan bangsa Indonesia melawan Sekutu dengan gigihnya. Namun di video klip ini, pertempuran tersebut bukanlah melawan Sekutu melainkan melawan robot jahat. Lebih terharunya lagi, ketika tampilnya seorang pemuda Indonesia memegang bendera merah putih. Diperlihatkan semangat nasionalisme yang berkobar-kobar. Sebenarnya pertempuran melawan robot ini membuatku geli dan ingin tertawa karena adegannya mengingatkanku pada film-film barat seperti Transformer yang menceritakan tentang robot.

pertempuran ambarawa

pertempuran ambarawa

Tak hanya itu saja, penyajian tentang peristiwa tsunami dengan adanya gelombang laut besar yang siap menyapu bersih dan memporak-porandakan kota Jakarta mulai dari Bundaran HI, Semanggi, hingga Thamrin Sudirman, membuatku tertegun. Aku merasa tercengang dan teringat kembali akan bencana-bencana alam yang menimpa beberapa daerah di Indonesia seperti di Aceh. Sangat tragis dan menyedihkan. Disini aku tidak tergoda, tetapi aku terpuruk.

Tsunami di Jakarta

Tsunami di Jakarta

Hipnotis menggodaku lagi dengan tampilan IDP yang menari-nari bersama keempat dancernya, yang dimulai dari sebuah ruangan penuh dengan perangkat-perangkat canggih, menandakan sebuah kecanggihan zaman saat ini. Dari perangkat canggih itulah kemudian berubah menjadi robotrobot termasuk Indah di dalamnya. Mereka menari-nari dan menyanyi dengan luwesnya. Hingga pemunculan air yang bergerak lalu berubah menjadi manusia yang menari-nari. Bahkan mereka menari-nari di berbagai tempat (Tanjung Aan, Sendang Gile, Java Sea, Pertempuran Ambarawa, Bundaran HI, Semanggi dan Thamrin Sudirman) dengan cara berpindah-pindah sambil berdiri diatas benda yang mirip dengan piring terbang menggunakan remote control. Seolah-olah mereka berada di lorong waktu yang bisa membawa mereka kemana-mana. Hal ini mengingatkanku pada film “Lorong Waktu”nya Deddy Miswar.

Tarian-tarian Indah Dewi Pertiwi dan para dancernya ditampilkan dengan sangat energik dan bersemangat. Aku pun dibuat tergoda untuk bergoyang dan menari. Tapi sayang ada beberapa session yang terlalu lama penyajian tariannnya yaitu pada saat Indah Dewi Pertiwi muncul dengan mobil merahnya dan menyaksikan beberapa orang beradu menari tarian modern masa kini yang nge-beat, sampai-sampaiIndah Dewi Pertiwi sendiri turun tangan dengan menari untuk mendamaikan mereka. Kenapa aksi tarian ini menurutku terlalu lama? Karena hanya menampilkan tarian modern tanpa ada lirik-lirik lagu, sehingga seolah-olah sampai disitulah akhir dari klip lagunya dan cukup membosankan. Sedikit kritikan dariku.

Jika saja tarian-tarian tersebut diselingi dengan tarian tradisional Indonesia secara jelas maka akan lengkaplah alur dari video klip Hipnotis ini. Walaupun aku melihat ada beberapa durasi yang sangat singkat menampilkan tarian tradisional Indonesia , tetapi kurang terlihat dengan jelas, karena secara umum semua tarian yang disajikan adalah modern dance. Apalagi jika IDP dan para dancernya sesekali saja di session tertentu menari-nari dengan menggunakan pakaian adat Indonesia, tentu akan lebih menarik dan ciamik pastinya.

Tarian IDP dan para dancernya

Tarian IDP dan para dancernya

Nah..dari keseluruhan tampilan video klip Hipnotis ini, aku melihat bahwa Indah Dewi Pertiwi ingin menampilkan dan mengatakan pada dunia kalau Indonesia mempunyai keindahan alam dari berbagai daerah yang luar biasa, melebihi keindahan alam di belahan dunia yang lain. Inilah surga di Indonesia. Lebih menariknya lagi dalam klip ini IDP selalu membawa-bawa remote control yang dapat mengatur dan mengembalikan sesuatu seperti semula, misalnya pada sesi akhir video klip tentang bencana tsunami. Disitu, IDP mengembalikan lagi kondisi ketenangan Jakarta seperti semula setelah tertimpa tsunami. Hal ini menunjukkan bahwa selain manusia yang dapat mengontrol kehidupannya di bumi masih ada Dzat yang utama di atas sana yang bisa mengatur dan membuat alam dan isinya sesuai dengan kehendaknya yaitu Dzat Yang Maha Kuasa.

Manusia sebagai khalifah di muka bumi ini wajib untuk mempertanggungjawabkan kewajibannya dalam memelihara bumi dan seisinya sehingga tetap terjaga dengan baik. Kalaupun sesuatu bencana terjadi, semua itu, karena manusia tak lagi mempertanggungjawabkan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi. Maka dari itu patutlah kita syukuri apa yang kita dapatkan di muka bumi ini dengan menjaga kelestarian alam tanpa merusaknya. Sehingga ekosistem yang ada tidak rusak dan bencana alam pun dapat terhindarkan seminimal mungkin. Itulah yang patut kita sadari, kita renungkan dan kita terapkan di dalam kehidupan. Jika bukan kita siapa lagi yang akan melakukannya. Maka dari itu mulailah dari diri sendiri dan dari hal-hal yang kecil di sekitar kita agar tidak ada lagi kehancuran dan kerusakan di bumi pertiwi tercinta ini.

Kita harus mengontrol diri untuk tidak mengusik alam yang hidup tenang. Kita pun harus merasa bahwa alam adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari kita. Alam dan manusia bagaikan anggota tubuh kita dimana semua organ berfungsi dan bekerja secara bersama-sama dan mempunyai multifungsi. Maka dari itu patutlah kita menggenggam dunia ini dengan penuh pertanggungjawaban dan kesadaran. Janganlah pernah merusak alam, jika tak ingin diri kita rusak. Secanggih apapun teknologi yang kita gunakan di era modern ini, janganlah sampai semuanya mengancam kehidupan kita dan alam. Seperti kalimat yang tercantum di klip tersebut yaitu

Reverse damages

The remote is wiithin ourselves

The world is in your hands

Save our planet

Save The Planet

Save The Planet

Nah..setelah aku uraikan hal-hal diatas, apakah kalian tergoda akan Hipnotisdari Indah Dewi Pertiwi?


TAGS   Hipnotis Blogging Contest /


Author

blogger yang suka seni

Recent Post

Recent Comments

Archive